Sertifikasi ISO di Perusahaan Transportasi (Taksi)

Beberapa Tahun  lalu saya bekerja dan membantu salah satu perusahaan operator taksi terbesar no 2 di Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008. that was amazing mempelajari seluk beluk bisnis pertaksian, mungkin banyak sekali pertanyaan apa sih yang harus di standardkan dalam perusahaan  Transportasi darat ini,,,

here go mari kita lihat flow proses dari jasa ini secara sederhana bisa kita lihat proses penyediaan jasa taksi ini ada beberapa step…

yang perlu diperhatikan dalam rangka Sertifikasi ISO 9001:2008

1. Order dari Customer

2. Proses Penyediaan Armada

3. Proses Pelayanan/  Jasa Taksi

4. Proses Pembayaran

5. Proses Setelah pelayanan

  • Pelayanan Komplain
  • Pelayanan barang tertinggal

 

  1. Order dari Customer

Order dari customer adalah ujung tombak dari awal pelayanan jasa ini dimulai, untuk itu kita perlu mempersenjatai  tim CS dan Driver sendiri dengan standard pelayanan terhadap customer, semua order yang datang ke CS harus tercatat dengan baik dan bisa ditelusuri sehingga tidak ada order yang tidak termanage dengan baik. untuk yang direct ke driver tentu juga  driver harus mendapatkan pelatihan yang cukup untuk melakukan pelayanan yang baik kepada customer.

 

 

  1. Proses Penyediaan Armada

Armada adalah alat utama dalam bisnis ini tentu saja bahwa kondisi armada yang baik dan bersih dan nyaman serta standard harus selalu dijaga, untuk itu diperlukan standard tampilan kendaraan, proses pengecekan standard, standard maintenance kendaraan, perbaikan kendaraan serta peremajaan kendaraan.proses ini juga meliputi persiapan sebelum kendaraan keluar, surat-surat kendaraan , seragam driver, surat jalan, dll…

ketika semua standard ini sudah diajalankan maka armada siap untuk melayani customer kapanpun dan dimanapun.

 

  1. Proses Pelayanan/ Jasa Taksi

Yang paling utama dalam proses bisnis jasa taksi ini tentu saja adalah pelayanan terhadap customer dan pengetahuan jalan  diperlukan standard pelayanan yang baik, agar customer puas menggunakan jasa Taksi , dan akan menggunakan jasa taksi ini lagi, bahkan akan merekomendasikan kepada orang lain.

  1. Proses Pembayaran

Pembayaran taksi juga dapat mempengaruhi keputusan customer, untuk itu dibuatlah berbagai pilihan pembayaran untuk memudahkan customer  dalam melakukan transaksi, misalnya pembayaran dengan uang cash, debit, voucher, dll

 

  1. Proses Setelah pelayanan

    kita membagi proses setelah pelayanan menjadi 2

  • Pelayanan Komplain  : terkait dengan service yang diberikan, apakah kurang memuaskan, apakah driver kurang sopan, dsb
  • Pelayanan barang tertinggal : terkait dengan barang dari customer yang kemungkinan tertinggal di dalam armada Taksi, bagaimana mekanisme laporan barang tertinggal, pengembalian barang, dsb.

Tentu saja proses diatas hanya sebagian kecil prosedur / standard proses yang dibuat dalam rangka Sertifikasi ISO,  disamping itu dibuat prosedur prosedur lain seperti prosedur mandatory ISO (internal audit, document control, dsb), prosedur HR & GA, IT, dsb.

demikianlah standarisasi proses dalam suatu perusahaan tentu sangat bermanfaat untuk mencegah kesalahan proses yang bisa merugikan customer yang pada akhirnya juga bisa merugikan perusahaan dalam. tentu saja proses standarisasi ini diperlukan bukan hanya dalam rangka mendapatkan Sertifikasi ISO saja, mengingat manfaatnya yang besar,

sertifikasi ISO ataupun Tidak, standard harus dibuat,, agar semua orang dalam organisasi itu mengerti apa yang harus dilakukan, kapan dilakukan dan siapa yang melakukan,,,,,

bagi anda yang membutuhkan konsultasi untuk proses standarisasi perusahaan sesuai dengan ISO 9001, baik itu perusahaan transportasi ataupun perusahaan lainnya,

silahkan hubungi kami di konsultan ISO dan sertifikasi ISO atau HP :0812 10 9 10 329

kami dengan senang hati membantu anda,,,

 

salam hangat….

 

budi wibowo

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.