Cara Membuat Kebijakan Mutu ISO 9001:2008

Cara membuat kebijakan mutu ISO 9001: 2008 sangat mudah, berikut saya jelaskan mengenai kebijakan mutu dan cara pembuatannya.

Kebijakan Mutu adalah statement atau pernyataan dari Top Manajemen terhadap implementasi ISO 9001:2008 di dalam organisasi.

Kebijakan mutu ini harus di sosialisasikan kepada seluruh karyawan dalam lingkup organisasi, agar semua paham dan mengerti bahwa organisasi mnerapkan sistem manajemen mutu, sehingga semua departemen atau bagian harus bisa mensupport pentingnya kepuasan pelanggan.

ISI KEBIJAKAN MUTU

Apakah isi dari manajemen mutu itu,,, menurut ISO 9001:2008 Klausal 5.3 kebijakan mutu harus memenuhi persyaratan sbb:
 sesuai dengan tujuan dari organisasi (visi-misi)
 mencakup komitmen untuk memenuhi persyaratan dan keefektifan peningkatan berkesinambungan SMM
 menyediakan kerangka kerja untuk menetapkan dan meninjau sasaran mutu
 dikomunikasikan dan dimengerti
 ditinjau untuk kesesuaiannya

isi kebijakan mutu ini minimal seperti yang diminta oleh klausal ISO dan kita boleh saja menambahkan beberapa kebijakan sesuai dengan yang diharapkan oleh organisasi.
Oke sekarang kita coba membuat kebijakan mutu ya ??

Gampang kog…..

KEBIJAKAN MUTU

Kami PT. PERSADA adalah perusahaan Taksi yang selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya dan berkomitment untuk.
1. Menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008
2. Mengembangkan ketrampilan karyawan melalui kegiatan training yang berkesinambungan
3. Mememnuhi semua peraturan perundangan dan persyaratan lain yang berlaku di dalam bisnis Taksi.
4. Meningkatkan terus menerus implementasi dari sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 yang dibangun.
5. Meninjau ulang kebijakan mutu ini agar selalu relevan dengan perkembangan organisasi
Kebijakan mutu ini akan selalu menjadi pedoman bagi organisasi dalam menjalankan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di perusahaan, dan disosoalisasikan kepada seluruh karyawan.

PERSADA TAKSI

Nah setelah kebijakan mutu dibuat, maka sekarang saatnya untuk mensosialisasikannya, dengan cara antara lain :
1. Menempelkan pada dinding ruang kantor agar mudah dibaca dan dipahami oleh semua karyawan.
2. Mencetak ke dalam name card perusahaan.
3. Sosialisasi melalui training kepada karyawan
4. Memasukannya ke dalam web site resmi perusahaan
5. Dll.

Demikianlah sekelumit penjelasan mengenai cara membuat kebijakan mutu ISO 9001:2008,
Semoga bermanfaat
Salam hangat

www.konsultant-iso.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.