Implementasi ISO 14001 sesuai dengan PDCA

Seperti Sistem Manajemen yang lain, Sistem Manajemen Lingkungan atau ISO 14001 juga dibuat berdasarkan kerangka PDCA (Plan Do Check Act) juga ..

PLAN

Perencanaan atau Plan di ISO 14001 terdiri atas

EADL : Evaluasi Aspek dampak dan Lingkungan

yaitu adalah peng-dentifikasi-an atau registrasi dari seluruh aspek dan dampak lingkungan semua proses, tempat dan alat yang ada dalam organisasi agar dapat diketahui apa saja yang terkait dengan aspek lingkungan ( penggunaan resources, pembuangan limbah, dsb) dan bagaiamana dampaknya terhadap lingkungan (pencemaran air, tanah atau udara), serta menetapkan mana aspek penting mana aspek yang berbahaya bagi lingkungan dan menetapkan mitigasinya.

Peraturan Perundangan dan Persyaratan Lainnya

yaitu adalah peng-dentifikasi-an atau registrasi dari seluruh peraturan perundangan (UU, PP, SK Menteri, Gub, Bubati, dll) terkait dengan aspek lingkungan serta operasional Organisasi.

Sasaran Lingkungan dan Program Manajemen Lingkungan

yaitu adalah pembuatan Target / Sasaran Lingkungan yang akan diterapkan di dalam organisasi serta membuat program program terkait aspek lingkungan penting dan pemenuhan terhadap peraturan perundangan dan persyaratan lainnya.

DO

Sumber Daya, Tanggung Jawab dan wewenang

meliputi sumberdaya manusia dan alam yang digunakan dalam proses di dalam organisasi serta tanggung jawab dan wewenang karyawannya terkait dengan sisitem manajemen lingkungan di dalam organisasi.

Kesadaran, Kompetensi & Training

Kompetensi karyawan terkait dengan Sisitem Manajemen Lingkungan harus diidentifikasikan dengan jelas, serta tanggung jawab organisasi untuk memberikan pelatihan yang cukup agar kompetensi karyawan terpenuhi serta meningkatkan kesadaran lingkungan terhadap karyawan ataupun semua pihak yang terlibat di dalam proses di lingkungan organisasi (termasuk sub kont dan supplier, dll)

Dokumentasi dan Record Control

Pengendalian terkait dengan dokumen dan Record Sistem Manajemen Mutu harus jelas sehingga semua kegiatan Sistem Manajmen Lingkungan di dalam Organisasi dapat ditelusuri dengan baik.

Operational Control

Pengendalian Operasional di dalam organisasi untuk memastikan semua proses atau kegiatan yang berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan di kendalikan dengan baik.

Tanggap Darurat

Kesiapan organisasi dalam menghadapai kondisi darurat lingkungan ( kebakaran, Tumpahan BBM, dll)

Check

Monitoring and Measurement

Monitoring dan pengukuran terkait dengan Nilai Ambang Batas pencemaran Udara , air dan tanah, kemudian kalibrasi alat-alat ukur (looks meter, pengukur suara, dll)

Evaluation and Legal Compliance

Monitoring dan pengukuran terkait pemenuhan peraturan perundangan dan persyaratan lainnya, seberapa tingkat pemenuhannya dan bukti bukti objectivenya.

Ketidaksesuaian , Tindakan Perbaikan dan Pencegahan

Semua ketidak sesuaian Lingkungan harus dicatat, serta dilakukan tindakan perbaikan dan pencegahannya untuk menghindari kejadia yang berulang serta mencegah terjadinya potensi ketidaksesuaian lingkungan yang lain.

Internal Audit Lingkungan

Pengecekan implementasi Sisitem Manajemen Lingkungan di dalam organisasi secara periodik oleh Tim Audit Internal yang sudah mendapatkan pelatihan

Act

Improvement

Memperbaiki Sistem Manajemen Lingkungan dalam organisasi untuk mendapatkan sisitem manajemen yang baik dan terus berkembang ke arah yang lebih baik.

demikian sedikit penjelasan mengenai Implementasi PDCA dalam ISO 14001, untuk TRaining mengenai ISO 14001, bisa menghubungi kami di 0812 10 9 10 329….

semoga bermanfaat….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.