SERTIFIKASI ISO 9001 PADA MINIMARKET

Minimarket dewasa ini telah berkembang dengan sangat pesat, seiring dengan pertumbuhannya itu maka diperlukanlah standard sistem manajemen agar standard barang dan kualitas pelayanan dari minimarket tersebut tetap terjaga,,,

salah satu jaringan minimarket internasional dimana saya pernah menjabat sebagai QMR yang mempunyai kurang lebih 500 Jaringan toko seluruh indonesia.

menangani jumlah toko yang begitu banyak tentulah tidak mudah, namun demikian dengan standarisasi proses yang ada di dalam operasional minimarket semuanya menjadi lebih mudah untuk dilakukan…

apa saja kah yang perlu di standarisasi dalam operasional minimarket tersebut ??
beberapa standarisasi operasional di toko & gudang adalah sbb :

1. Standarisasi penentuan lokasi Toko
2. standarisasi Lay Out Toko
3. Standarisasi barang dagangan / pajangan toko
4. standarisasi penyimpanan barang di gudang
5. standarisasi delivery barang
6. standarisasi pelayanan / service CSR di Toko
7. Standarisasi promosi di toko
8. standarisasi proses distribusi modal, uang receh dan setoran
9. standarisasi pengelolaan / maintanance alat toko
10. standarisasi maintanance gedung toko
11. standarisasi training karyawan toko
12. standarisasi stok opname barang dagangan di toko
13. standarisasi pemesanan barang dagangan
14. standarisasi keluhan pelanggan dan problem solving
15. dll

tentu banyak sekali hal-hal yang mendetil yang diatur dalam bentuk instruksi kerja, instruksi kerja dibuat dalam bentuk gambar dan video agar memudahkan karyawan toko dalam memahami apa yang dituliskan dalam prosedur atau instruksi kerja di toko.

Metode Pengawasan

untuk menjalankan pengawasan terhadap implementasi ISO 9001:2008 pada minimarket maka dibuatlah berbagi macam tools agar semua orang dapat mempertanggungjawabkan pengelolaan tokonya masing masing, pengawasan tersebut antara lain adalah :

1. Cycle count
2. Stok Opname
3. Cash balance
4. Internal Audit ISO
5. Inspection
6. dll

pengawasan tersebut adalah bagian dari “Check” dalam persyaratan ISO 9001:2008, untuk mengetahui ketidaksesuaian yang terjadi secepat mungkin sehingga tindakan perbaikan / pencegahan bisa dilakukan sesegera mungkin….

Toko dapat menambahakan beberapa hal berikut agar bisa lebih baik lagi

1. 5 R (Workplace Management)
2. ISO Requirement Self Ceklist
3. Kaizen (Continoual Improvement)
4. Service Excelence

Nah demikian lah sedikit penjelasan mengenai implementasi ISO 9001:2008 pada minimarket,

untuk kebutuhan training & Konsultasi ISO 9001:2008 pada mini market, pasar modern, dll silahkan menghubungi kami di HP : 0812 10 9 10 329 , email : budi_wibowo_bb@yahoo.com

semoga bermanfaat

salam hangat….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.