Continuous Improvement Semangat Perbaikan Terus Menerus

Continuous improvement

Di semua sistem manajemen, apakah itu sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001, ataupun sistem manajemen K3 / OHSAS 18001, pasti ada istilah “Continual Improvement” atau Perbaikan terus menerus,

1. Tetapkan masalah yang dihadapi

banyak sekali masalah yang dihadapi di dalam organisasi atau perusahaan, buatlah matrix masalah, dan berikan nilai terkait dengan tingkat : urgensy masalah, kemudahan penyelesaian, biaya, efisiensy jika masalah terpecahkan, dl. setelah itu kita bisa memperoleh prioritas mana yang akan kita selesaikan lebih dahulu.

2.Pengumpulan data

Setelah mendapatkan prioritas masalah yang akan diselesaiakan, langkah selanjutnya adalah pengumpulan data, terkait dengan masalah atau problem yang akan diselesaiakan, berapa performanya sekarang, sedapat mungkin bisa diukur dengan angka. data yang dikumpulkan juga harus jelas scope : berapa lokasi atau tempatnya,  dan harus  jelas juga rentan waktunya misalnya : 3 bulan, 1 tahun atau 3 tahun.

3. Mencari akar masalah

akar masalah atau penyebab terjadinya masalah yang akan kita cari solusinya, pencarian akar masalah ini bisa menggunakan metode fish bone diagram atau menggunakan “five why”, pilih salah satu yang paling mudah untuk dilakukan.

4. Cari beberapa Alternative Solusi

alternative solusi bisa di dapatkan dari hasil diskusi dan pengamatan lapangan, setelah mendapatkan beberapa alternative solusi buat matrix untuk menentukan alternative mana yang paling sesuai, dan dampaknya paling besar, setelah itu pilih 1- 3 alternative solusi.

5. Menjalankan solusi

solusi yang sudah kita pilih , coba untuk diterapkan di lokasi atau tempat sesuai dengan data kemudian setelah implementasi solusi kita akan mengukur hasilnya sesuai dengan periode data awal : 3 bulan, 1 tahun atau 3 tahun.

6. analisa hasil pengukuran

hasil pengukuran di analisa apakah sudah sesuai dengan target yang diharapkan ? jika belum kembali ke langkah 3, jika sudah sesuai maka anda dapat ke langkah 7.

7. Standarisasi

buat standarisasi apabila hasil yang ditargetkan tercapai, buat standard cara yang telah mendatangkan hasil sesuai yang diharapkan, untuk menjadi acuan baku baik itu berupa sop, IK atau standard.

8. Memcari Problem Baru……

demikian sedikit penjelasan mengenai Continual Improvement, semoga bermanfaat….

apabila perusahaan anda membutuhkan training mengenai continoual improvement ini silahkan menghubungi kami di

HP : 0812 10 9 10 329   email : budi_wibowo_bb@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.