Kesalah Pahaman Mengenai Sasaran Mutu

Banyak sekali membantu perusahaan / organisasi dalam membuat sasaran mutu dalam perjalanan nya banyak sekali kesalah pahaman mengenai sasaran mutu…

1. Sasaran Mutu harus dibuat Sebanyak mungkin

beberapa perusahaan membuat sasaran mutu begitu banyaknya, sampai mereka sendiri tidak dapat menyebutkan sasaran mutunya, kalau terlalu banyak sasaran mutu, pasti karyawan juga bingung mana yang akan jadi sasaran yang sebenarnya,

2. Sasaran Mutu Harus tercapai

Memang sasaran mutu bisa dicapai namun kalau tidak bisa dicapai kita perlu meng analisa apa penyebab sasaran mutu tersebut tidak tercapai, buat tindakan perbaikan, dan lihat hasilnya beberapa bulan ke depan, kalau sasaran tidak tercapai itu bukan temuan dalam iso 9001 2008.

3. Sasaran Mutu diluar kendali Departemen tersebut

saking bingungnya mencari sasaran mutu kadang kadang mereka membuat target yang diluar kendali mereka, misalnya sasaran mutu di bagian training yaitu, jumlah kehadiran peserta training padahal yang mengirim peserta tersebut adalah bagian operasional, bisa dibayangkan bagaiaman sulitnya HRD mencapai sasaran itu, atau kalaupun tercapai sebenarnya bukan effort dari bagian HRD tersebut.

4. Sasaran Mutu tidak pernah diganti

Bertahun tahun setelah menerapkan ISO sasaran mutu di beberapa departemen tetap itu itu saja, padahal sasaran mutunya sudah tercapai dari tahun tahun awal,,, ini menjadi sangat aneh, padahal seyogyanya sasaran mutu selalu ditingkatkan atau bila perlu ganti dengan sasaran mutu yang lain apabila sasaran tersebut sudah tidak bisa dinaikan lagi.

5. Sasaran Mutu tidak bisa diukur

menentukan sasaran adalah bicara mengenai angka, naik, turun, menghilangkan, menambah, dsb, beberapa organisasi sudah terpaku dengan kata kata dahsyat yang padahal sebenarnya tidak bisa diukur, misalnya : mencapai kepuasan pelanggan, meningkatkan sumber daya manusia, dll. bagus kan ? tapi sulit menentukan bagaiaman ukuran keberhasilannya apabila kata-katanya hanya seperti itu.

nah demikian sedikit penjelasan mengenai sasaran mutu, semoga bermanfaat…

untuk Training “Sasaran Mutu Organisasi” bisa menghubungi kami di HP : 0812 10 9 10 329, email budi_wibowo_bb@yahoo.com…..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.