Manfaat Prosedur Kerja

Manfaat Prosedur untuk Memastikan semua langkah yang diperlukan dijalankan dengan baik

Prosedur harus menstandardkan langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan tugas pekerjaan atau memberikan layanan kepada pelanggan. Misalnya, untuk pelayan yang melayani di sebuah restoran, layanan harus disampaikan dengan memperkenalkan diri, membuat kontak mata dengan pelanggan, menawarkan item menu yang paling populer, memastikan semua minuman diakhiri ketika setengah penuh dan memastikan kualitas makanan memenuhi harapan pelanggan. Rincian prosedur untuk memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan adalah apa yang memberikan kontribusi untuk lingkungan layanan besar.

Manfaat Prosedur untuk Pengukuran Kinerja

Prosedur harus dapat menilai dan mengukur kinerja sehingga ada cara untuk menentukan apakah proses ini tepat diikuti. Misalnya, prosedur untuk resepsionis menjawab telepon harus mencakup pelacakan seberapa sering resepsionis menjawab telepon menggunakan script telepon.

Manfaat Prosedur untuk Memastikan konsistensi Kerja

Prosedur harus memberikan konsistensi dalam praktek untuk proses kerja yang telah ditetapkan untuk memastikan hal-hal yang dilakukan dengan cara yang sama, setiap kali dan bahwa semua langkah diikuti. Ketika langkah-langkah mendapatkan dilewati menciptakan proses yang tidak konsisten yang kemudian menciptakan variasi produk atau jasa yang berkualitas. sehingga hal ini dapat mengurangi variasi kualitas barang/ jasa bagi organisasi tersebut.

Manfaat Prosedur Sebagai sebagai Alat Pelatihan

Pelatihan karyawan adalah salah satu investasi yang paling berharga setiap organisasi dapat membuat. Ketika karyawan menerima pelatihan yang menyeluruh dan uraian tugas rinci, mereka siap untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan. Dengan kebijakan dan prosedur sebagai bagian dari pelatihan karyawan membantu untuk memastikan bahwa ada konsistensi dalam praktek dan memperkuat harapan global. Misalnya, review kebijakan dan prosedur harus dimasukkan dalam proses orientasi karyawan baru.

Manfaat Prosedur untuk Menggabungkan Pengalaman Pekerja

Prosedur dibuat berdasarkan pengalaman dan cara kerja dari orang orang yang punya pengalaman di bidang itu. Hal ini juga mencakup pelajaran dan praktik terbaik untuk memastikan kualitas produk dan layanan yang diberikan meskipun orang yang melakukan berubah.

Manfaat Prosedur sebagai sarana Pelatihan

Memiliki kebijakan dan prosedur tertulis dapat digunakan sebagai alat untuk membantu melatih karyawan dan berfungsi sebagai pengingat dari langkah prosedur.

Manfaat Prosedur untuk meningkatkan proses yang berkelanjutan

Prosedur yang sudah dijalankan dapat direview secara berkala, dan ketika ditemukan cara-cara yang lebih baik, maka prosedur dapat direvisi, sehingga proses akan selalu berkembang, dengan menjalankan prinsip PDCA maka proses di perusahaan bisa berkembang lebih efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.