Strategi Bersaing Perusahaan dengan Memanfaatkan ISO 9001:2015

Strategi ISO 9001 2015

Strategi Bersaing Perusahaan dengan Memanfaatkan ISO 9001:2015

Persaingan Dunia Usaha

Persaiangan dunia usaha dewasa ini, begitu ketatnya, banyak perusahaan yang saya tangani sudah mulai merasakan penurunan permintaan yang significant sehingga ini bisa berpotensi untuk menghambat pencapaian target target perusahaan yang sudah ditetapkan.

ISO 9001:2015

baru saja dilaunching akhir tahun 2015, belum banyak perusahaan yang menerapkan sisitem manajemen Mutu ISO 9001:2015 ini, padahal ibarat antivirus, seharusnya perusahaan sesegera mungkin untuk melakukan upgrade dengan SMM versi 2015, mengingat tantangan dunia usaha yang semakin berat, maka diperlukan sistem manajemen mutu yang juga dibangun untuk menghadapi persaingan industri yang ketat.

Senjata Baru dalam SMM ISO 9001:2015

Konteks Organisasi

Dalam merecanakan SMM yang efektif dalam organisasi, organisasi harus bisa memahami berbagai conteks organisasi yang akan mempengaruhi jalannya organisasi pada masa yang akan datang, berbagai konteks yang terutama sekali sangat mempengaruhi jalannya organisasi diantaranya adalah :

Teknologi ,Kemajuan teknologi saat ini tentu saja sangat mempengaruhi kinerja organisasi, bagaimana organisasi dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini, maka itu akan menjadi kunci dalam memenangkan persaingan.

Hukum, Aturan aturan baru yang ditetapkan oleh  pemerintah pusat, daerah maupun kesepakatan internasional maupiun nasional yang bisa saja memberikan pengaruh yang besar terhadap jalannya organisasi, tentu saja ini harus dipertimbangkan,,, dll

Pihak yang bekepentingan (Interested Party)

Menjalankan usaha tentu saja akan terkait dengan berbagai pihak yang punya kepentingan terhadap organisasi, pihak pihak tersebut diantaranya adalah, pelanggan, apa keinginan dan persyaratan pelanggan ? bagaimana kita dapat memenuhi harapan dan keinginan tersebut, apa yang seharusnya dilakukan? dan masih banyak lagi pihak – pihak yang mempunyai kepentingan yang juga harus di identifikasi.

Resiko & Kesempatan (Risk and Opportunity)

Semua yang terkait dengan kemampuan organisasi untuk memenuhi keinginan pelanggan tentu saja mempunyai potensi untuk tidak berjalan dengan semestinya, untuk itu mengetahui berbagai resiko dan kesempatan dalam menjalankan operasional organisasi tentu saja akan mendatangkan banyak keuntungan, seolah kita sudah membuat berbagai skenario untuk menghadapi berbagai tantangan dan potensi kegagalan, dengan demikian organisasi semakin percaya diri dalam melangkah mencapai sasaran dan target yang sudah ditetapkan.

Kepemimpinan (LEADERSHIP)

salah satu kunci keberhasilan SMM yang dibangun adalah dengan adanya bimbingan, dorongan, dan dukungan terhadap SMM yang dibangun, Top Manajemen dituntut  untuk lebih ikut terlibat agar SMM bisa berjalan dengan baik di dalam organisasi, hilangnya kewajiban Organisasi untuk menunjuk seorang wakil manajemen, ISO 9001:2015 telah menyiapkan Tugas dan Tanggung jawab Top Manajemen, yang mengambil tanggung jawab penuh pelaksanaan ISO, tentu saja  Top Mangement dapat mendelegasikan beberapa tanggung jawab dan wewenangnya pada kepala departemen atau bagian.

dan masih ada beberapa senjata baru dalam SMM ISO 9001:2015 yang tentu saja sangat powerfull untuk menghadapi tantangan dunia usaha sekarang ini.

Strategi Bersaing Perusahaan dengan Memanfaatkan ISO 9001:2015

  1. Identifikasi konteks organisasi dan Interested party dengan seksama dengan data yang valid, sehingga dapat diperhitungkan seberapa efeknya terhadap arah dan tujuan organisasi.
  2. Management Risk dan Opportunity untuk berbagai aktivitas yang mempunyai resiko tinggi dan berdampak significant terhadap kepuasan pelanggan, sehingga bisa dilakukan antisipasi sekaligus improvement yang baik bagi berjalannya organisasi
  3. Mengarahkan Kebijakan Mutu, Sasaran Mutu untuk bisa fokus terhadap hal hal yang menjadi sasaran dari organisasi ( misalnya : aspek marketing, operational, Pengembangan sumber daya dan financial)
  4. Peningkatan Kompetensi dalam organisasi dengan knowledge management yang baik sehingga bisa mengurangi dokumentasi terhadap Prosedur/IK yang bisa dialihkan menjadi skill yang melekat pada karyawan.
  5. Simplify Informasi terdokumentasi, mengurangi jumlah, memaksimalkan pemanfaatn teknologi, mengurangi langkah langkah yang tidak perlu, sehingga, organisasi lebih gesit dalam bergerak
  6. dll

demikian berbagai strategi dalam menghadapi persaingan dengan menggunakan SMM ISO 9001:2015,, semoga bermanfaat…

Training, Konsultasi dan sertifikasi ISO 9001:2015  HP/SMS/WA 0812 10 9 10 329

email : budi_wibowo_bb@yahoo.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.