Apakah Perusahaan Kami Memerlukan ISO 9001:2015 ?

Apakah organisasi memerlukan ISO 9001 215

Apakah Perusahaan Kami Memerlukan ISO 9001:2015 ?

Banyak sekali pertanyaan terkait dengan perlunya sistem manajemen mutu iso 9001:2015 ini bagi perusahaan,  tentu saja perusahaan sangat memerlukan suatu sistem manajemen yang bisa mengelola hampir semua proses dan aktivitas pekerjaan di dalam perusahaan tersebut, bayangkan suatu organisasi yang tidak mempunyai aturan yang jelas, terkait dengan sebut saja, aturan kerja.

Kerancuan Aturan / Prosedur dalam Organisasi

Banyak perusahaan yang tidak mempunyai aturan yang jelas terkait dengan suatu aktivitas di organisasinya, sehingga membuat karyawan atau orang yang terlibat di dalam aktivitas itu sulit untuk bekerja atau membuat keputusan ketika menemui kendala dalam pekerjaannya sehari-hari. Bahkan banyak organisasi yang tidak mempunyai mekanisme yang baku Bagaimana melaporkan hasil pekerjaan atau performance dari aktivitas yang dilakukan sehari-hari di dalam organisasi. Kadang juga di dalam organisasi kondisinya berbalik mereka terlalu banyak prosedur atau aturan yang ada di dalam satu departemen atau bagian, sehingga orang yang mau menjalankan aktivitas bingung mau menjalankan yang mana?

Iso 9001 2015 solusi untuk permasalahan diatas bagaimana pengaturan terkait dengan dokumen informasi yang berlaku di dalam organisasi atau perusahaan, dikendalikan dan terpusat pada bagian pengendali dokumen, hal ini tentu saja akan lebih memudahkan organisasi untuk mengontrol dokumen informasi atau prosedur yang harus dijalankan di dalam perusahaan tersebut.

Organisasi banyak yang tidak mempunyai target yang jelas

Belum lagi beberapa perusahaan tidak mempunyai target atau sasaran yang jelas, apa yang ingin diraih atau dicapai dalam tahun berjalan 3 tahun yang akan datang atau bahkan lima tahun yang akan datang. Padahal target atau sasaran yang jelas ini sangat diperlukan agar semua karyawan bisa berjalan kearah yang sudah ditargetkan atau diinginkan oleh organisasi. Tanpa adanya target yang jelas, bisa jadi masing-masing departemen akan mementingkan departemennya masing-masing atau bahkan bisa saling berbenturan satu departemen dan departemen yang lain, tanpa adanya target karyawan Pupun Departemen akan kebingungan mana yang akan dianggap penting atau prioritas atau hanya aktivitas sehari-hari.

Organisasi sangat jarang melakukan monitoring, evaluasi atau pengecekan,

Beberapa perusahaan juga sangat jarang melakukan monitoring, evaluasi atau pengecekan, pada proses yang dijalankan oleh organisasi, apakah proses tersebut sudah sesuai dengan apa yang diharapkan atau menjadi aturan dari organisasi tersebut? Apakah ada potensi untuk dapat meningkatkan efektivitas dari proses yang sedang dijalankan? Sampai dimana departemen atau bagian dari organisasi dalam usaha untuk mencapai target atau sasaran nya? Pertanyaan-pertanyaan itu tentu saja bisa dijawab dengan adanya audit mutu internal, karena dengan menerapkan sistem manajemen mutu iso 9001:2015, audit mutu internal akan dijalankan sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh iso 9001 2015 akan dilakukan secara periodic dan dilaporkan ke Top Management.

Dari beberapa contoh di atas dapat dilihat perlunya menerapkan sistem manajemen mutu iso 9001 2015 dalam organisasi atau perusahaan. Sering orang salah memahami bahwa ada perbedaan antara sertifikasi iso 9001 2015 dengan implementasi ISO 9001:2015. Implementasi iso 9001 mutlak atau sangat diperlukan di dalam organisasi, implementasi bukan berarti harus sertifikasi, bahkan beberapa perusahaan minta kami untuk memberikan gaya dan bagaimana mengimplementasi sistem manajemen mutu iso 9001 2015 ini, tanpa sertifikasi…

semoga bermanfaat…

Training ISO 9001:2015 dapat menghubungi kami di HP/WA 0812 10 9 10 329 email :budi_wibowo_bb@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.