Konteks Organisasi dan Interested Party ISO 9001:2015 untuk Kontraktor

Konteks Organisasi

4.1 Memahami Organisasi & Konteksnya

Organisasi  telah mengkaji dan menganalisis aspek-aspek kunci dari Organisasi dan para pemangku kepentingan untuk menentukan arah strategis perusahaan dengan cara:

  • Memahami produk dan jasa organisasi, dan ruang lingkup sistem manajemen
  • Memahami masalah internal dan eksternal yang menjadi perhatian Organisasi dan pihak yang berkepentingan;

Banyak isu-isu Internal dan eksternal diidentifikasi melalui analisis risiko yang dihadapi baik Organisai  atau pihak yang berkepentingan. masalah tersebut dimonitor dan diperbarui sesuai dengan kondisi aktual, dan dibahas sebagai bagian dari tinjauan manajemen.

Isu Isu Internal maupun eksternal tersebut misalnya terkait dengan Teknology, Persaingan, Perubahan Pasar, hukum, budaya, Masyarakat. Lingkungan ekonomi baik lokal maupun internasional.

Langkah Langkah dalam mencari konteks organisasi adalah sbb :

  1. Bentuk Tim Kecil yang terdiri dari perwakilan departemen dan Top Management
  2. Identifikasikan ISU ISU yang related dengan aapa yang sudah di targetkan oleh organisasi.
  3. Berbagai isu yang didapat dituangkan dalam bentuk tertulis dan dilihat berbagai ISU tersebut masuk dalam kategori apa
  4. Proses pembuatan konsteks ini akan lebih mudah dengan bantuan SWOT analysis Tools.
  5. Diskusikan berbagai ISU yang muncul dan bagaimana strategy Organisasi untuk mengatasi atau mencapai peluang dari hasil identifikasi konteks organisasi

Contoh beberapa konteks organisasi ISO 9001:2015 untuk perusahaan kontraktor

Teknology : Berbagai alat berat yang semakin bagus dan modern yang digunakan oleh industry kontraktor saat ini, yang tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap performance organisasi apabila organisasi tidak segera mengambil langkah langkah yang diperlukan untuk mengatasi hal ini.

Persaingan : Market share customer / Pengguna Jasa Kontraktor pada Organisasi ABC yang mencapai 20%, Hal ini sangat positif dan masih berpeluang untuk dapat diperluas dengan penambahan sekitar 5 sd 10 persen pada tahun ini,

Informasi ini kemudian digunakan oleh manajemen puncak untuk menentukan arah strategis perusahaan. Ini didefinisikan dalam catatan tinjauan manajemen, dan secara berkala diperbarui mengikuti kondisi dan situasi yang berubah.

4.2 Memahami kebutuhan & harapan pihak berkepentingan

Karena Pengaruh atau Pengaruh Potensial pada kemampuan organisasi untuk secara konsisten menyediakan produk / Jasa yang memenuhi persyaratan pelanggan, serta peraturan perundang undangan organisasi harus menentukan

  1. pihak berkepentingan yang relevan dengan SMM
  2. Persyaratan dari pihak yang berkepentingan terkait dengan SMM

Organisasi harus Mengidentifikasi “pihak yang berkepentingan” (stakeholders) yang menerima Layanan Organisasi, atau yang mungkin terkena dampak oleh mereka, atau pihak-pihak yang dinyatakan mungkin memiliki kepentingan yang signifikan di perusahaan kami.

Langkah Langkah dalam mencari Pihak Berkepentingan adalah sbb :

  1. Bentuk Tim Kecil yang terdiri dari perwakilan departemen dan Top Management
  2. Identifikasikan Semua Pihak yang terkait dengan Organisasi
  3. Semua Pihak Terkait dengan SMM dituangkan dalam bentuk tertulis dan dilihat berbagai Persyaratan yang mereka harapkan.
  4. Diskusikan berbagai Persyaratan dari Pihak yang berkepentingan dan bagaimana organisasi dapat memenuhi persyaratan tersebut.

Contoh beberapa Persyaratan Interested Party  ISO 9001:2015 untuk perusahaan kontraktor

Customer : Dewasa ini customer dari perusahaan kontraktor meminta berbagai persyaratan system Manajemen Mutu ISO 9001:2015, ISO 14001:2015 dan OHSAS 18001:2007, SMK3, dll, Bagaimana organisasi dapat memenuhi persyaratan ini ?

Demikian sedikit sharing Mengenai Konteks Organisasi dan Interseted Party  9001:2015, Semoga bermanfaat,

Training, Konsultasi dan Sertifikasi ISO 9001:2008, ISO 9001:2008, ISO 14001:2004, ISO 14001:2015, OHSAS 18001:2007, SMK3, PROPER, dll

Silahkan kontak Kami : HP/WA 081210910329  email:budi_wibowo_bb@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.